Listrik, salah satu Energi yang kucintai


Kebutuhan masyarakat akan energi listrik sangat memprihatinkan, dari rumah tangga, industri kecil, hingga rumah sakit dan industri besar. semakin tinggi teknologi, maka semakin tinggi pula kebutuhan energi listrik yang hingga saat ini perusahaan listrik negara tidak mampu menangani.
Contohnya saja, ditempat saya tinggal di Kalimantan barat. Listrik sering Mati secara bergiliran dan sangat merugikan masyarakat.
Penyaluran listrik dari perusahaan listrik negara(PLN) dengan sumber untuk pembangkit listrik yang digunakan ialah mesin diesel dan menggunakan bahan bakar minyak solar, adapun yang selain itu didaerah pedalaman kalimantan masih belum terjangkau oleh PLN.
Kalau kita melihat apa yang telah dilakukan PLN saat ini, seperti menghidupkan mesin diesel dan menggunakan bahan bakar minyak solar, ini dapat mengakibatkan polusi udara yang membahayakan kesehatan serta merusak lingkungan.
Ada lagi yang lebih menakutkan lagi, apabila terus dilakukan, minyak solar yang diolah dari minyak mentah yaitu minyak bumi akan habis, sedangkan hingga saat ini harga minyak dunia walaupun turun tetapi tetap merugikan negara, karena apabila minyak mentah dalam negeri habis, maka harus mengimpor minyak dari luar negeri. ini mengakibatkan uang negara akan habis, padahal yang kita ketahui negara Indonesia meminjam dana dari negara lain, salah satunya Amerika serikat. apabila kita termasuk rakyat Indonesia, akan merasakan hidup yang susah, karena naiknya harga barang, minyak premium dan solar, hal ini sangat berhubungan erat dengan kehidupan sehari-hari dirumah kita.

Maka dari itu semua, saat ini kita harusnya sudah mulai berfikir, akan masa depan negara kita Indonesia yang tercinta, untuk kehidupan yang lebih baik, makmur dan sentosa.

mulai dari diri kita sendiri, mulai dari yang terkecil, mulai dari yang terpenting.

ada satu ide yang dapat menyelesaikan semua kesulitan yang terjadi hingga saat ini.
Mulai merancang Energi Listrik dari Energi Alternatif, walaupun hanya mampu digunakan untuk masyarakat kalangan kecil, nanti berusaha menyatukan semua masyarakat, agar dapat membangun yang lebih besar, dengan perawatan yang intensif agar tahan lama.

Pembangkit Listrik yang akan dibangun yaitu : Pembangkit Listrik Hybrid Energi.

Walaupun sejak dahulu sudah banyak yang mengenal akan pembangkit Listrik ini, namun tidak banyak yang bisa merancang seakurat dan sebaik mungkin, bisa jadi karena perhitungan yang kurang memenuhi syarat, atau rancang bangun yang kurang sempurna.

untuk saat ini, pembangkit listrik yang bisa dikembangkan di Indonesia sebagai berikut :
1. pembangkit listrik tenaga air (mikrohydro).
2. pembangkit listrik tenaga angin (mikroturbo).
3. pembangkit listrik tenaga surya (solar cell).
4. pembangkit listrik tenaga steam (uap).[sedang dibangun PLTU deket rumah, PLN sudah membeli Listrik dari PLTU tersebut]

semua pembangkit diatas apabila di gabung, dan dirancang saling bekerjasama dan saling ketergantungan, maka akan menjadi pembangkit listrik tenaga hybrid.
manfaat dari pembangkit listrik tenaga hybrid ini adalah lebih banyak energi yang dihasilkan. perawatannya lebih banyak, energi terbaharukan, dan tidak ada polusi dan tidak merusak lingkungan.

peran pemerintah dan masyarakat perlu di tekankan, karena ini menyangkut hasil devisa negara dan Indonesia bisa membayar hutangnya, walaupun cuma sedikit demi sedikit, asal tidak ada korupsi dan bentuk kriminal lainnya.(Udien)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s