Cara Install BURG


GRUB (Grand Unified Bootloader) merupakan pintu masuk sistem operasi yang terpasang di komputer atau laptop kita, dialah yang perama kali menyapa kita setelah komputer/laptop dihidupkan, dia pulalah yang memungkinkan kita menggunakan lebih dari satu sistem operasi di harddisk. Sayangnya GRUB itu berpenampilan kurang menarik, dari dulu dia itu identik dengan hitam dan putih, atau warna-warna lain yang sederhana namun. Belakangan dia sudah mulai berdandan, sebelum GRUB versi 2 kita sudah bisa menambahkan latar belakang berosolusi rendah dan tampak sangat jelek. Kemudian ada Gfxboot yang bikin GRUB lebih hidup. Dan yang terakhir di GRUB versi 2, kita sudah bisa mendandaninya menggunakan gambarberformat jpeg atau png beresolusi tinggi.

300px-GRUB_with_ubuntu_and_windows_vista

 

 

 

 

Lalu cukupkah sampai di situ? Tentu saja tidak, ada satu proyek yang menyebut dirinya BURG berusaha memberikan make over pada GRUB. Kalau diperhatikan dua nama ini berkebalikan, GRUB jika dibaca dari belakang akan menjadi BURG. Pemilihan nama yang unik, bukan? Salah satu ciri khas yang cukup melekat di komunitas free software. BURG sendiri merupakan kependekan dari “Brand-new Universal loadeR from GRUB”.

Oke deh, cukup sampai di situ dulu ceritanya karena kita punya pekerjaan yang lain. Apa itu? Tentu saja memasang dan mengatur BURG ini di sistem operasi kesayangan kita, Ubuntu 10.04 Lucid Lynx. Langkah-langkahnya saya ceritakan di bawah ini seperti saya kutip dari OMG! Ubuntu!

Tambahkan repositori si BURG dari PPA, mengunakan perintah berikut. Ingat! Perintah ini dijalankan dari terminal emulator, gnome terminal kalau menggunakan Gnome atau konsole kalau menggunakan KDE.

Peringatan!!!

HANYA UNTUK Ubuntu 10.10 MAVERICK dan dibawahnya…kalo yang Ubuntu Precise ga bisa….[Resiko ditanggung sendiri]

sudo add-apt-repository ppa:bean123ch/burg

Update daftar index repositori kita dan install BURG dengan mengeksekusi perintah berikut

sudo apt-get update && sudo apt-get install burg burg-themes

Install BURG ke MBR (Master Boot Record) hard-disk, dengan perintah

sudo burg-install “(hd0)”

Terakhir, jangan lupa memutakhirkan BURG

sudo update-burg

Untuk memilih tema, silakan reboot komputer/laptop yang kita gunakan. Tekan tombol t di kibor ketika menu GRUB yang sudah berubah menjadi BURG menyapa kita, pilih salah satu tema yang tersedia. Pratilik tema juga bisa kita intip menggunakan

burg-emu

cropped-7432271758_b3254e5e98_z.jpg

Iklan

2 thoughts on “Cara Install BURG

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s