Ceritaku Selama di Pelabuhan Teluk Suak


Bismillah,

Alhamdulillah bisa menulis kembali, kali ini Abu Hirr, akan menceritakan tentang keadaan dan kondisi pulau Lemukutan saat ini..tapi ane cerita tentang pelabuhan teluk suak terlebih dahulu…

Bermula dari rumah ane, persiapan pagi-pagi mengurus ayam putih dulu, setelah itu, mandi dan pake baju yang rapi trus panasin mobil, persiapan brangkat menuju ke teluk suak, sebelum brangkat mengecek tas, barang mana yang harus dibawa ke pulau lemukutan dan mana yang tidak….eh ternyata ada buku tabungan dan barang2 penting lainnya, masa’ harus dibawa…tak beresin semua dah….

Setelah semuanya siap, tak lupa air minum selalu menemani dikala perjalanan di laut, trus kk memanggil ane, beliau minta tolong diantarkan pakean pengantin menuju desa marhaban [tempat tumpukkan orang2 madura yang mengadakan pernikahan], setelah dari sana, kemudian menuju ke pelabuhan teluk suak, nah disini sudah kayak pasar, rame sekali yang menunggu, kala hari itu hari sabtu pagi…dan kapal motor sudah nyampe dipelabuhan, ane kira sudah mau brangkat, kemudian mau parkir mobil disekitar pelabuhan tidak diperbolehkan, akhirnya ane keluar dari pelabuhan tak pindahkan mobilnya/parkir mobil di luar dekat pos polisi, tak bungkus pake cover mobil, cuma ga kuat ikatannya, jadi mungkin saja terkena angin lalu terbang cover mobilnya…

52561045

Ane ingat, pernah suatu waktu ane lupa kunci pintu mobil ane, ketika itu tak tinggalkan ke pulau lemukutan selama tiga hari, setelah pulang dari pulau, ane cek mobil ternyata kabel2nya berantakan, waah ada yang mau nyuri mobil ane nich, bahaya nich, laen kali harus ekstra hati2, dan harus di kunci mobilnya…

Segera setelah ane meninggalkan mobil yang sudah ane parkir dan ane kunci, ane menuju ke pelabuhan teluk suak, kemudian ane ke seteher[‘pelabuhan’ bahasa kalimantan], lalu ada ibu2 bawa nasi kuning ngasih tau ane,’itu kapal motornya baru dateng, ngapain buru2′, waah syukurlah masih belum terlambat, kemudian hiruk pikuk pasar dipelabuhan yang rame sekali, ane kan waktu itu bawa obat habbatussauda buat dijual disana, eh ana ga nyangka ada yang nyamperin nanya obat itu…

“itu obat apa dek?”,

ane jawab,

“ini obat habbatussauda atau biasa orang pasar bilang jinten hitam, ini obat untuk semua penyakit pak, harganya murah cuma 25rb 1 btlnya isinya 60 kapsul”,

trus beliau nanya lagi,

“obatnya bisa dipake buat semua penyakit ya dek?”,

ane bilang

“betul pak”

bapak itu diam, trus beliau malah dak jadi beli, kayaknya kemahalan ya obatnya, wah kapan2 ane bawa yang bisa meyakinkan mereka dech, insyaAllah….

Kemudian, tak selang berapa lama, ana ketemu paman ana, paman ana disitu kerjaannya mencangkau Cengkeh/pala atau ikan yang datang dari Pulau Lemukutan dan lainnya, kemudian beliau bilang cengkehnya panen raya-nya masih lama…mungkin sekitar bulan mei, kata beliau…beliau pun kemudian pergi melanjutkan pekerjaannya mencangkau cengkeh buat dijual lagi….

lalu ana duduk diam sebentar, menunggu kapal motor berangkat, ana ketemu paman ana yang dari pulau lemukutan, beliaulah yang menawarkan buat nginep dirumahnya yang dipulau lemukutan, ane nanya masalah penjualan gas, kira2 laku tidak, kemudian beliau bilang gas yang kosong sudah dibawa ke rumah, namun karena rumah ana tidak ada orang alias kosong, akhirnya beliau menitipkan gas yang kosong di rumah nenek…setelah itu beliau pun pergi, katanya mau ada urusan di dua tempat di kota..

kemudian ane menunggu kembali, terus ane ketemu sama yang punya kapal motor, ane tanya beliau kapan berangkatnya, ternyata beliau ada catar[ada yang mau numpang dari pontianak], mereka berangkat sejak jam 9 pagi tadi, karena kita menunggu mereka, jadi berangkat kapal motornya di tunda nanti hingga jam 13.00 WIB, yaach..akhirnya setelah menunggu lama, ane terpaksa pulang dulu, makan dan jalan2 lagi ke kota buat beli pulsa dan nyari batre hape ane yang suka ngedrop2….

Setelah Berkeliling kota singkawang, ane trus pulang dan sholat dhuhur, setelah itu berangkat menuju pelabuhan teluk suak lagi….dan tak lama kemudian ane ketemu paman yg tinggal di pulau, beliau pun bergegas mau kembali ke pulau, syukurlah karena urusannya sebentar jadi beliau tidak jadi pulang besok, langsung pulang hari itu juga, ane pun siap2 berangkat, namun beliau sempat berkata, barang2nya berada di kapal motor sebelah, karena ada 2 kapal motor yang berangkat, ane pun terpisah dengan paman ane, jadi beda kapal motor dah….

Selama di perjalanan dan dipulau lemukutan akan ane ceritakan di postingan berikutnya…tetap membaca ya…..

BERSAMBUNG….

Tinggalkan Balasan

