Rencana Pembangunan Infrastruktur Repository Distro Linux


Latar Belakang

Melihat perkembangan pesat pengguna Open Source Software diwilayah Kalimantan Barat, khususnya kota Pontianak saat ini, perlu ada nya upaya lebih intens untuk memberikan dukungan baik berupa teknis maupun non teknis bagi pengguna. PLUG ( Pontianak’s Linux User Group ) sebagai Komunitas Pengguna OpenSource yang sejak awal berdirinya telah berkomitmen penuh untuk mendukung segala upaya pemberdayaan Open Source Software di Kalimantan Barat baik dengan mengadakan pelatihan, seminar dan dukungan teknis lainnya, saat ini dirasa perlu melakukan sesuatu yang lebih besar untuk memberikan dukungan kepada masyarakat Kalimantan Barat khususnya bagi pengguna OpenSource Software.

Untuk itu PLUG berencana membangun infrastruktur pendukung berupa penyediaan perangkat Server Repository dan layanan terintegrasi lainya yang akan didistribusikan kepada seluruh masyarakat Kalimantan Barat. Proyek pembangunan infrastruktur ini akan diawali dari Kota Pontianak sebagai basis terbesar pengguna Opensource software di kalimantan Barat. Yang dikemudian hari langkah ini juga dapat diimplementasikan di daerah lainya di Kalimantan Barat.

Basis Distribusi

Layanan Repository yang akan dikembangkan oleh PLUG dalam rancangan awal berupa layanan berbasis intranet yang akan didistribusikan melalui jaringan Wireless kepada seluruh masyarakat di kota Pontianak dan sekitarnya yang selanjutnya dapat di implementasikan pula diwilayah lain. Teknologi ini dinilai dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mengakses repository dan kebutuhan lainya yang disediakan oleh PLUG ditengah keterbatasan ketersediaan akses internet dan beban biaya berlangganan paket data.

Kebutuhan Infrastruktur

Untuk mewujudkan proyek ini, Perlu dibangun infrastruktur yang cukup representatif demi memberikan dukungan kepada masyarakat. Namun demikian infrastruktur yang representatif berbanding lurus dengan anggaran biaya yang akan dikeluarkan, untuk itu Rancangan awal infrastruktur yang dianggap cukup mudah dan murah namun tak mengurangi semangat memberikan dukungan yang baik bagi masyarakat dapat dirincikan sebagai berikut :

Kebutuhan Hardware :

Server

Perangkat server , Spesifikasi minumum : Intel Pentium 4 dan diatasnya

Kisaran Harga : min Rp.900.000,-

RouterBoard RB450G :

Difungsikan sebagai router/firewall/bandwidth manajemen dll

Kisaran harga : Rp.1000.000 – Rp. 1.200.000

Tower Triangle

Yang akan difungsikan sebagai BTS utama yang akan dilengkapi oleh beberapa access point ( Pemancar ) yang difungsikan sebagai jalur distribusi utama kepada masyarakat

Kisaran harga /Stage : 5 Meter / Stage berkisar Rp.1000.000 – Rp. 1.500.000 . Ketinggian yang direkomendasikan -+25 Meter

Access Point ( Pemancar Utama )

Nano Station M2/M5 dengan kisaran harga Rp.800.000- Rp.1.100.000 / Unit dengan jumlah unit yang dibutuhkan untuk sementara berjumlah 4 unit untuk ditempatkan di BTS

UTP Cable

Harga 1 Box UTP cable cat5 berkisar antara Rp.1000.000- Rp.1.500.000

Switch 8 Port : Rp. 100.000

Connector RG45 : 100.000/pcs

Kelistrikan

Berupa Terminal, kabel dan lain-lain

Wireless CPE :

Wireless CPE atau Wireless Client sendiri digunakan sebagai repeater atau penguat sinyal yang didistribusikan oleh BTS utama, Wireless client ini dapat dipasang disetiap titik-titik strategis seperti Bangunan tinggi /Rumah / area publik / dan tempat-tempat lainya yang dapat secara langsung melayani kebutuhan masyarakat.

Rekomendasi perangkat Wireless CPE : Nano Station M2/M5 , TpLink WA5210G , Routerboard / home made wireless CPE dll

Kisaran Harga Wireless CPE : Rp.500.000 – 1.200.000 / unit

Tempat / Lokasi BTS dan Server

Dibutuhkan tempat atau lokasi yang akan dijadikan sebagai tempat penyimpanan perangkat Server dan BTS dengan fasilitas kelistrikan yang memadai

Penutup

Demikian sekilas rencana awal pembangunan Infratstruktur Repository dan estimasi harga kebutuhan perangkat. Diharapkan partisipasi rekan-rekan PLUG dan rekan lainya untuk mengkoreksi dan memberikan dukungan baik berupa ide, teknis, materi dan lainnya.

Komentar ane : Semoga Singkawang juga bisa Terlaksana…agar pegawai kantor dan masyarakat sekitar bisa mengakses

Sumber : tulisannya pak Farly Detrias di group : https://www.facebook.com/groups/linuxpontianak/doc/10151379655727129/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s