Dasar-Dasar Memahami Linux dalam Remaster Distro Linux


Desktop Linux

Distro Linux hingga saat ini penulis ketahui jumlahnya sudah mencapai ribuan, baik itu distro Linux yang besar, terkenal, turunannya, maupun yang remaster, ada yang kapasitasnya cuma 40Mb hingga kapasitas Ultimate yang lebih dari 1 DVD [4Gb], di dalamnya sudah pasti menyertakan default desktop sesuai dengan ciri khas masing-masing pengembang dan peracik distro itu sendiri.

Ada berbagai variasi program untuk desktop pada Linux. Desktop ini memberikan fungsi dan tampilan untuk kemudahan dan kenyamanan pengoperasian komputer. Desktop Linux yang cukup terkenal dan banyak digunakan antara lain KDE dan Gnome. Hampir semua distribusi Linux menyertakan kedua Desktop Manager tersebut.

Beberapa distribusi menggunakan KDE sebagai default Desktop Manager, seperti Linux Mandrake, OpenSuse, Knoppix. Sedang yang lainnya menggunakan Gnome sebagai default Desktop Manager, seperti RedHat, Fedora. Setiap Desktop Manager juga membawa kubu aplikasi masing-masing, karena kedua Desktop Manager tersebut masing-masing membawa library aplikasi dan fasilitas masing-masing.

Saat ini sudah banyak desktop yang tercipta setelah kedua desktop besar diatas [KDE, GNOME], seperti Unity, Pantheon, XBMC, XFCE, LXDE, XWM, JWM, Fluxbox, Enlightenment, Razor-qt, MATE, beberapa racikan dari desktop Gnome 3 atau gnome-shell yang merupakan racikan shell extension seperti Cinnamon dari distro Linux Mint, Manokwari dari distro linux Blankon, dll, kita dapat memilih mana desktop diatas yang sesuai dengan ciri khas distro linux yang akan kita racik nanti. Mohon untuk tidak dipasang semuanya, khawatir distro linux yang diracik akan membengkak.

Review Software Sekaligus Stabilkan Sistem

Untuk membangun dan meracik sebuah distro linux perlu adanya perencanaan membuat daftar software yang perlu dipasang sesuai dengan tujuan yang diinginkan, untuk apakah distro linux digunakan? apakah untuk kalangan user biasa, multimedia, yang suka editing audio maupun video, desain grafis, elektronika, akuntansi, perkantoran, games, atau secara keseluruhan aplikasi ada didalam sebuah distro tersebut atau biasa disebut Ultimate.

Maka dari itu setiap peracik perlu memaksimalkan software yang stabil dan yang sesuai dengan tujuan tersebut, harus memilih salah satu software dari beberapa software yang punya fungsi sama, seperti pemutar lagu mp3 ada beberapa software yang mampu berjalan dengan baik, seperti audacious, rhythmbox, banshee, amarok, sonata, aqualung, bangarang, bluemindo, dan lain sebagainya, tidak perlu dipasang semuanya, salah satu saja, jika dipasang semuanya akan membuat distro linux jadi membengkak, bisa lebih dari satu DVD.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s