Mulai Sekarang, Bilang “Nol” Bukan “Kosong”!


zeroBismillah, kali ini abuhirr, ingin membahas tentang angka 0 [‘Nol’] berikut beritanya :

Perbedaan Antara Bilangan dan Angka

Sebelum ane bahas mengenai angka atau bilangan nol, ada baiknya kita tahu apa bedanya antara angkan dengan bilangan. Bilangan adalah suatu konsep abstrak matematika yang digunakan untuk pencacahan atau pengukuran. Sedangkan angka adalah lambang yang digunakan untuk melambangkan suatu bilangan. Sebagai contoh: Bilangan satu dilambangkan oleh angka “1”. Bilangan dua ratus tiga puluh empat dilambangkan oleh angka 2,3 dan 4. Jadi angka itu ada 10 buah yaitu 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, dan 9. Beda lagi kalo yang dimaksud adalah angka romawi contohnya I, V ,X dan seterusnya.

Bilangan/Angka 0 Itu Bukanlah Kosong

Sebelumnya mari kita simak percakapan dua orang di bawah ini:

A: Cowok
B: Cewek

Percakapan antara Si A dan Si B

“Di sore hari di salah satu warung tegal yang paleng rame di dekat kampus…
Duduklah dua insan manusia yang terlihat seperti orang yang baru diputusin oleh pacarnya masing-masing…”

A: “Neng punya obeng ga?”
B: “Ga tuh bang…”
A: “Kalo tang punya ga??” :
B: “Ga juga tuh! Emang kenapa sih bang?!” :
A: “Ga apa apa… Tapi kalo nomer hape punya dooonk…” :
B: “Ya elah nanyain nomer hape aja pake muter2 segala!”
A: “Namanya juga Si Raja Gombal… …. Berapa nomer hapenya Neng?”
B: …….
B: “Yaudah… nih Bang… “Kosong.. Delapan… Delapan…
A: “STOP!!! Udah Neng ga jadi….”
B: “Lah.. Kok gak jadi sih Bang ??! Emangnya ada yang salah??”
A: “Gak kok neng… Cuma…. Abang baru nyadar… ternyata…..”
B: “Ternyata?????
A: “TERNYATA ENTE MAHO!!!!!!”
B: “Tungguuuu… Baaangg… Jangan Tinggalin Aneee…….” :mahos +
A: Ngaciiirrrr………………

Begitulah ceritanya… ternyata ketika si B baru megang hapenya… barulah terlihat bulu2 keteknya yang sangat panjang, berliuk2 terkena tiupan angin di sore hari yang membuat ilfeel Si A dan Si A pun lari terbirit2 sambil meneteskan air mata kekecewaan dicampur rasa enek yang begitu mendalam…

Nah, setelah kita menyimak percakapan di atas, jelas bawah nomor handphone yang bernomor 088.. disebutkan dengan kata “Kosong.. Delapan.. Delapan..“, tentu hal ini adalah salah, karena seharusnya dia membaca 088 dengan kata “Nol.. Delapan.. Delapan”.

Jika kita berbicara kosong dalam suatu himpunan, maka yang dimaksud dengan himpunan kosong adalah suatu himpunan yang tidak memiliki anggota. Sedangkan kalo kita berbicara tentang himpunan bilanagn cacah, maka yang dimaksud dengan himpunan bilangan cacah adalah himpunan yang beranggotakan bilangan 0, 1, 2, 3 dan seterusnya. Jadi kosong bukanlah suatu bilangan. Karena angka digunakan untuk melambangkan suatu bilangan, maka kosong juga bukanlah suatu angka. Untuk kasus nomer handphone di atas 0 yang dimaksud adalah angka nol, bukan “angka kosong”.

Bukankah 1-1 adalah “nol”?
Pernahkah agan mendengar orang bertanya berapa 1-1 lalu dijawab dengan “kosong pak”?
Tentu ane rasa tidak pernah…

Sumber : HT Kaskus : http://www.kaskus.co.id/thread/50f337072c75b4717c000009/mulai-sekarang-bilang-quotnolquot-bukan-quotkosongquot/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s