cara Install Gbilling


Bismillah, kali ini Abuhirr mau nyoba berbagi tulisan dari project gbilling, semoga bermanfaat, ini merupakan salah satu tool billing untuk warnet yang opensource, multiplatform, dan powerfull untuk berbagai kalangan yang mau buka warnet.

Kompilasi dan instalasi gBilling pada beberapa sistem operasi yang sering digunakan.

Kompilasi dan instalasi di Linux

Untuk kompilasi gBilling di Linux, anda membutuhkan library-library berikut:

  • GLib >= 2.22.5 (dengan gthread >= 2.22.5)
  • SQLite >= 3.41 (hanya untuk gBilling Server versi 0.1 ke bawah)
  • libglade >= 2.6.0 (hanya untuk versi 0.1 ke bawah)

Catatan: Ada beberapa distro Linux yang tidak menyediakan file-file C header untuk libglade2 seperti pada Mandriva Free 2008. Anda bisa mendapatkan file-file ini dari website GNOME.

Pastikan library-library tersebut telah terpasang dan dikonfigurasi dengan benar di sistem anda, gBilling telah dipaket dengan script standar instalasi GNU (autoconf, automake, libtool). Kompilasi dan instalasi gBilling sama dengan paket standar GNU lainnya.

Jika di sistem telah terpasang versi gBilling Server atau gBilling Client yang lebih lama, direkomendasikan untuk menghapus file-file pengaturan mereka terlebih dahulu untuk mencegah konflik dengan pengaturan-pengaturan pada versi yang baru. (Sebelumya lakukan backup untuk file-file pengaturan yang lama tersebut), pertama-tama login dengan user untuk menjalankan server atau client terlebih dahulu, lalu lakukan

Untuk gBilling Server

$ rm -rf ~/.gbilling/server.conf

Untuk gBilling Client

$ rm -rf ~/.gbilling/client.conf

Download versi terbaru dari gBilling Server dan gBilling Client, kompilasi dan instalasi dengan account super-user (root) sebagai berikut:

$ tar xzf gbilling-server-x.y.tar.gz
$ cd gbilling-server-x.y
$ ./configure
$ make
$ su -c 'make install'

Anda juga dapat menentukan lokasi instalasi dengan konfigurasi:

$ ./configure --prefix=/opt/gbilling-server

Ini akan menginstall di direktori /opt/gbilling-server.

Untuk menghapus file-file hasil kompilasi:

$ make clean

Untuk menghapus semua file-file hasil kompilasi dan konfigurasi:

$ make distclean

Untuk uninstall lakukan:

$ su -c 'make uninstall'

Untuk informasi lanjut, silahkan lihat file INSTALL pada paket gBilling Server atau gBilling Client.

Setelah instalasi jalankan gBilling Server atau gBilling Client dari menu atau langsung dari shell, lakukan pengaturan untuk server seperti mengatur username dan password server, client, dan log.

Penting: Username dan password default gBilling pada versi 0.2 ke atas adalah admin:gbilling, pada versi 0.1 adalah we:rock

Penting: Username dan password default gBilling Client untuk pengaturan saat offline (versi 0.3.2 ke atas) adalah admin:gbilling

Penting: Karena dokumentasi pemakaian gBilling belum tersedia (dalam pembuatan), anda harus mengatur gBilling Server dan gBilling Client menurut pengetahuan anda. Pengaturan ini relatif mudah jika pemakai mempunyai pengetahuan dasar tentang jaringan komputer.

Kompilasi dan instalasi di Windows

Catatan: gBilling belum pernah dicoba untuk Windows 95, 98, atau ME. Tidak bisa dipastikan jika gBilling akan berjalan pada versi-versi tersebut, walaupun mereka memakai Winsock versi 2.2 (kecuali Windows 95 yang memakai Winsock 1.1, update Winsock 2 untuk Windows 95 ada di website support Microsoft). Microsoft telah memberhentikan support pada versi-versi tersebut, dan library-library yang dipakai mungkin sudah tidak mendukungnya lagi. gBilling telah berjalan dengan baik di Windows 2000/XP. gBilling juga belum pernah dicoba di Windows Vista (karena penulis tidak mempunyai sistem ini), tapi harusnya gBilling bisa berjalan dengan baik di Vista.

Kompilasi gBilling di Windows hanya dengan toolchain MinGW, compiler-compiler lain mungkin akan dicoba pada versi selanjutnya, untuk kompilasi di Windows anda memerlukan:

  • Library-library pendukung (GTK, GLib, SQLite, dan libglade) untuk Windows (versi yang telah disebutkan di atas), anda bisa mendapatkan ini di website masing-masing proyek tersebut.

Untuk persiapan kompilasi anda perlu membuat file Makefile untuk Windows, set compiler flag, set library-library yang digunakan, dan menambah file-file yang akan dikompilasi, setelah itu lakukan kompilasi dengan:

c:\mingw\bin\make Makefile.win

Jika anda mempunyai file Resource Source (.rc, .res) untuk setting gBilling, lakukan dengan menambah entri pada Makefile:

WINDRES = windres.exe
...
gbilling_private.res: gbilling_private.rc
$(WINDRES) -i gbilling_private.rc --input-format=rc -o gbilling_private.res -O coff
...

Instalasi GTK+ Runtime di Windows

Runtime GTK+ di Windows diperlukan untuk menjalankan gBilling server atau client, anda bisa mendownload file-file runtime ini dari website resmi GTK+. Harap untuk memperhatikan versi GTK+ runtime dan library-library lain yang anda gunakan agar sesuai dengan versi yang digunakan oleh release gBilling.

Penulis merekomendasikan anda untuk menggunakan runtime GTK+ yang disediakan oleh gBilling, silahkan kunjungi halaman download untuk mendapatkan file ini.

Pentunjuk Instalasi

  • Setelah download paket runtime tersebut, ekstrak file tersebut. Misalnya file tersebut di ekstrak pada direktori D:\gtk-runtime
  • Buka Explorer, klik kanan My Computer pilih Properties, sehingga akan muncul tampilan seperti berikut
  • Pilih tab Advanced dan klik Environment Variables kemudian pada section System variables edit variable Path sehingga akan muncul window seperti berikut
  • Pada Variable value tambah direktori hasil ekstrak diawali dengan tanda ; (semi-colon) sehingga menjadi D:\gtk-runtime\bin, konfirmasi perubahan dan keluar dari System Properties.

Anda bisa mencoba untuk menjalankan gBilling server atau client.

Semoga bermanfaat

Sumber :

  1. http://gbilling.sourceforge.net/installation/
  2. http://gbilling.sourceforge.net/dokumentasi/instalasi-gtk-runtime-di-windows/

Imannudin

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s