Pembangkit Listrik Tenaga Angin Untuk Bagan Pencari Ikan


Bismillah, Kali ini Abuhirr ingin berbagi sedikit tentang Kebutuhan Para Nelayan dalam Mencari Ikan di Bagan Pencari Ikan di Laut:

Permasalahan yang AbuHirr Pantau sejak tahun yang lalu hingga sekarang, Masyarakat Nelayan di Kepulauan masih menggunakan sumber energi Listrik dari Genset untuk  menghidupkan Lampu dalam mencari ikan setiap harinya, padahal kita tahu bahwa menggunakan Genset sama saja menghabiskan sumber energi fosil seperti bensin dan solar di muka bumi, maka dari itu energi alternatif perlu digalakkan di wilayah manapun yang memerlukan energi listrik, khususnya daerah Kalimantan Barat.

Kebutuhan Primer:

Pemakaian Energi Listrik :

  • Lampu Putih [misalnya merk Philips] 70 watt x 2 Buah
  • Lampu Putih untuk Penerangan 40 watt x 1 buah

Kebutuhan Sekunder :

  • Buat Ngecas Aki dan Ngecas Hape, dll

Jadi total pemakaian energi listrik yang diperlukan sekitar [70×2]+40]=180 watt selama semalaman sekitar 12jam

Bagan Pencari Ikan untuk Nelayan dibuat dan dibangun hanya mampu bertahan selama 6 bulan paling lama 8 bulan, karena Bagan ini dibangun dari kayu Nibung, dan tidak mampu untuk bertahan karena diterjang Ombak dan Angin Kencang, Bahkan dalam waktu 2 bulan Bagan yang dibangun dengan susah payah pun bisa roboh, karena mungkin membangunnya saat terjadi ombak besar dan angin kencang, untuk membangun bagan dibutuhkan dana kurang lebih sekitar Minimal 8 Juta.

Potensi Angin Kencang di Laut dan di Pulau sangat memungkinkan untuk membangun Pembangkit Listrik Tenaga Angin ini…Bahkan jika perlu untuk kebutuhan Rumah Tangga di Pulau yang belum terjangkau Listrik PLN bisa dibangun Pembangkit Listrik Tenaga Angin Sederhana.

Waktu Angin Kencang tiba setiap harinya sekitar pukul 11.00 pagi hingga jam 15.00, dan malam mulai pukul 21.00 hingga 01.00 pagi…

Target Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Angin Sederhana untuk daerah Sungai Raya Kepulauan, misalnya daerah Pulau Kabung, Pulau Lemukutan, Pulau Penatah Kecil dan Besar dan Pulau Randayan.

Estimasi Biaya yang dibutuhkan Berkisar antara : 3 Juta hingga 8 Juta rupiah..

Jika Berminat Berinvestasi silahkan menghubungi admin blog ini atau : 081227148008 [Imannudin, S.T.], semoga dimudahkan dalam pelaksanaan dan manejemen biaya dan yang lainnya. terimakasih wa Jazaakumullahukhoiron Katsiiro atas bantuan dan dukungannnya.

contoh gambar :

bagan_alor2

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s