Belajar Pemrograman di GNU/Linux itu Mudah


Bismillah,

Bahasa Pemrograman merupakan hal fundamental yang harus diajarkan oleh sebuah institusi pendidikan bidang komputer. Seorang Mahasiswa Informatika mutlak menguasai suatu bahasa pemrogramandan ini merupakan keunggulan bagi seorang mahasiswa bila selesai menempuh perkuliahan. Namun sampai saat ini banyak pengetahuan bahasa pemrogramanmasih berkutat pada pemrograman berbasis sistem operasi DOS atau Windows, seperti Pascal, Delphi, Foxpro, Cobol, dan Basic.

Pengetahuan mengenai bahasa pemrograman yang dapat berjalan di sistem operasi lain masih kurang. Padahal masih banyak macam bahasa pemrograman selain yang telah disebut diatas, seperti C, C-plusplus, Lisp, Java, Perl, Python, dan lain-lain. Mengenai bahasa pemrogramanselain DOS atau Windows akan menjadi suatu hal yang mempunyai nilai lebih.

Perkembangan sistem operasi GNU/Linux semakin pesat. hal ini tentu saja diiringi dengan berkembangnya program-program yang berjalan pada sistem operasi GNU/Linux. GNU/Linux sudah sangat dikenal sebagai sistem operasi yang handal untuk keperluan server, seperti Apache Web Server, PostgreSQL Server, Mail Server, dan Sebagainya.

Penggunaan GNU/Linux pada awalnya hanya berbasis teks dan terbatas untuk administrasi seperti backup system, management user, atau kegiatan lain yang memakai mode teks. Namun seiring pemakaian GNU/Linux untuk keperluan desktop, maka banyak program yang dibutuhkan untuk berjalan di mode X Window.

Untuk membuat sebuah aplikasi di GNU/Linux maka perlu untuk mempelajari salah satu dari bahasa pemrograman yang saya sebutkan di atas, jika salah satu sudah bisa dikuasai, maka yang berikutnya akan mudah dipelajari, karena semuanya hampir sama, bahasa pemrograman dasar yang paling utama untuk dipelajari ialah bahaca pemrograman C, jika sudah bisa menguasai bahasa C maka untuk bahasa pemrograman selanjutnya jadi mudah, seperti python, karena bahasanya sudah mirip dengan bahasa manusia, berbeda dengan bahasa C yang masih terdapat bahasa mesin di dalam membuat syntax program yang dibuat.

Semoga Bermanfaat

Sumber Bacaan :  Kata Pengantar Buku Pemrograman GUI di GNU/Linux menggunakan GLADE

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s