Kursus Mikro Online

Untuk melakukan pemrograman dalam mikrokontroler AVR, terdiri atas compiler dandownloader. Compiler, yaitu aplikasi yang fungsinya untuk menerjemahkan program baik yang ditulis dalam bahasa-bahasa pemrograman tingkat tinggi (seperti C, Basic, Pascal) maupun yang ditulis dalam bahasa pemrograman tingkat rendah (seperti assembly) menjadi kode-kode mesin (dalam bentuk hexadecimal). Downloader adalah aplikasi yang digunakan untuk merekam kode-kode mesin yang telah dikonversi sebelumnya oleh Compiler, untuk selanjutnya dimasukkan ke dalam memori mikrokontroler.

 Berdasarkan pengetahuan diatas, maka dalam platform apa saja sebenarnya dimungkinkan untuk membuat aplikasi yang bisa berkomunikasi dengan mikrokontroler, asalkan kedua fitur tadi tersedia (Compiler dan Downloader).

Atmel telah menyediakan software khusus yang dapat diunduh dari website resmi Atmel.Software tersebut adalah AVRStudioSoftware ini menggunakan bahasa assembly sebagai bahasa perantaranya. Selain AVRStudio, ada beberapa software pihak ketiga yang dapat digunakan untuk membuat program pada AVRSoftware dari pihak ketiga ini menggunakan bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti bahasa C, Java, atau Basic. Untuk melakukan pemindahan dari komputer ke dalam chip, dapat digunakan beberapa cara seperti menggunakan kabel JTAG atau menggunakan STK buatan Atmel.

Selain menggunakan Windows Operating System, ternyata pemrograman mikrokontroler AVR juga dapat dilakukan pada Linux Operating System. Pada Linux juga sudah tersedia software yang dapat digunakan untuk melakukan pemrograman, salah satunya adalah softwareKontrollerlabKontrollerlab merupakan software pemrograman Linux berbasis GUI (Graphic User Interface) yang dapat digunakan dengan mudah sebagaimana layaknya kita menggunakansoftware pemrograman mikrokontroler AVR di WindowsKontrollerlab sudah menyediakanfeature-feature yang sangat lengkap. Jika berminat untuk memiliki software kontrollerlab, kita dapat mengunduh pada www.cadmaniac.org.

Selain menggunakan software berbasis GUI, pemrograman mikrokontroler AVR di Linux juga dapat dilakukan dengan menggunakan console (command prompt pada sistem operasiwindows/DOS). Salah satu kelebihan pemrograman dengan menggunakan console adalah kita dapat lebih memahami perintah-perintah yang digunakan dalam proses pemrograman mikrokontroler AVR tersebut walaupun terlihat sulit untuk dilakukan, karena banyak perintah-perintah didalam konsol atau terminal yang harus dipelajari dan dihapalkan.

Link : https://www.facebook.com/KursuMikroLinux

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s